Home Media PMI / TKI Pemerintah Sepakat Perbanyak Peserta Magang ke Jepang

Pemerintah Sepakat Perbanyak Peserta Magang ke Jepang

SHARE
Pemerintah Sepakat Perbanyak Peserta Magang ke Jepang

Keterangan Gambar : Menaker Ida Fauziyah berfoto bersama usai menerima kunjungan CEO IM Japan dan jajarannya, di Jakarta pada Senin, 2 Desember 2019.

JAKARTA, MEDIALABOUR.com Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama dengan International Manpower Development Organization Japan (IM Japan) telah menyepakati lanjutan kerja sama penambahan kuantitas jumlah peserta pemagangan ke Jepang menjadi 5.000 peserta per tahun.

Kementerian Ketenagakerjaan saat ini telah menyiapkan fasilitas sarana pelatihan untuk calon peserta magang ke Jepang.

“Tadi saya sudah bertemu dengan CEO IM Japan, Mr. Kyoei Yanagisawa. Pada prinsipnya kami telah sepakat dalam 2-3 tahun ke depan akan menambah menjadi 5.000 peserta magang ke Jepang,” kata Menaker, Ida Fauziyah, saat menerima kunjungan CEO IM Japan dan jajarannya, di Jakarta, pada Senin, 2 Desember 2019.

Ida menyampaikan bahwa hingga periode bulan Oktober 2019, sebanyak 44.197 pemuda Indonesia telah dikirim ke Perusahaan Jepang. Menurutnya, sekembalinya dari Jepang, dengan bermodalkan skill dan pengalaman magang di sana, para pemuda ini dapat terserap oleh perusahaan Jepang yang berada di Indonesia.

“Selepas magang di Jepang, banyak alumni program magang ini yang telah dinanti oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia karena skill dan pengalaman yang sudah teruji. Banyak alumni ini juga telah memiliki usaha mandiri dan mampu menyerap ratusan ribu tenaga kerja lokal,” kata Ida.

Dalam pertemuan tersebut, CEO IM Japan, Yanagisawa menyambut baik atas kesepakatan lanjutan kerja sama ini.

“Perusahaan Jepang sangat puas atas kinerja peserta magang dari Indonesia. Selain kinerjanya yang gigih, peserta magang dari Indonesia juga sangat disiplin dan ramah,” kata Yanagisawa. (*)

Sumber 

Oleh: Tempo.co

Kamis, 5 Desember 2019 11:56 WIB

https://nasional.tempo.co/read/1280291/kemnaker-siap-dukung-program-magang-dengan-pembangunan-asrama